Sabtu, 16 April 2016

FIIL MENURUT KEPERLUANNYA(FIIL LAZIM DAN FIIL MUTAADDI)

A. FIIL MENURUT KEPERLUANNYA
Fiil menurut keperluannya terbagi atas dua fiil yaitu Fiil Lazim dan Fiil Mutaaddi, berikut penjelasan masing-masing fiil :

1. FIIL LAZIM
fi’il lazim adalah fi’il yang hanya memiliki fa’il atau pelaku, tetapi tidak memiliki maf’ul bih
atau objek. Dalam tata bahasa Indonesia Fi'il Lazim sama dengan Kata Kerja Intransitif, 
yaitu kata kerja yang tidak membutuhkan obyek.

Contoh :قَامَ  (qooma)=berdiriحَضَرَ   (hadoro)=hadirجَلَسَ    (jalasa)=duduk
Contoh dalam kalimat :جَاءَ مُحَّمَدٌ = Muhammad datang 
Kalimat di atas tidak membutuhkan objek, dan ini sama halnya dengan bahasa Indonesia
dengan kata intransitip, seperti kata berdiri, datang atau duduk memang tidak membutuhkan
 objek.

Berikut beberapa contoh fi’il lazim
No. Fi’il Lazim Arti Contoh Arti
1 رجع-يرجع Kembali هو يرجع Dia Kembali
2 جلس-يجلس Duduk انت تجلس Kamu Duduk
3 نام-ينام Tidur احمد ينام Ahmad Tidur
4 نزل-ينزل Turun انا انزل Saya Turun

2. FIIL MUTAADDI
Fiil mutaaddi adalah fiil yang tidak hanya cukup memiliki fail atau pelaku, 
tetapi harus dilengkapi dengan maful bih atau objek. Dalam tata bahasa indonesia
 fiil mutaaddi sama dengan kata kerja transiti yaitu kata kerja yang membutuhkan objek. 
Dan Hukum Fiil Mutaaddi adalah menashobkan terhadap maful bih.

Berikut beberapa contoh fiil mutaaddi :
No. Fiil Lazim Arti Contoh Arti
1   تعلم-يتعلم Belajar أناأتعلم اللغه Saya belajar bahasa
2   اكل-يأكل Makan أناأكل الرز Saya makan nasi
3   شرب-يشرب Minum أنا أشرب البن Saya minum susu
4   ضرب-يضرب Memukul أنا أضرب لكلب Saya memukul anjing
5   قرأ-يقرأ Membaca أنا أقرأ الكتب Saya membaca buku

Pembagian fiil mutaaddi 
· fiil muaddi dengan satu maful
Menashabkan satu mafulbih dan fiil ini banyak seperti: كتب الدرس (dia telah menulis pelajaran), 
dan فهم المسألة (dia telah mengerti masalah itu).
· fiil mutaaddi dengan dua maful
Menashabkan dua mafulbih yang kedua-duanya bukan berasal dari mubtada dan khobar, seperti: أعطىسألكسامنحdan البس contoh dalam
 jumlah أعطيت المتعلّم كتابا (aku telah memberi murid itu ssebuah buku) dan منحت المجتهد جائزة 
(aku telah memberi yang rajin, suatu hadiah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar