Sabtu, 16 April 2016

PELAKSANAAN DISTRIBUSI SESUAI PERANGKAT-PERANGKAT YANG ADIL



A. PELAKSANAAN DISTRIBUSI SESUAI PERANGKAT-PERANGKAT YANG ADIL
Ilmu ekonomi tentang distribusi menjelaskan adanya pembagian kekayaan yang dihasilkan oleh pelaku ekonomi, atau para pemilik pelaku ekonomi itu. Jika distribusi kekayaan di dalam masyarakat itu tidak adil atau tidak merata, maka  kedamaian sosial selalu menjadi taruhan dan konflik antara si kaya dan si miskin dapat berlanjut ke revolusi berdarah. kantong-kantong kemakmuran tidak dapat hidup di dalam lautan kemiskinan dan oleh karenanya, distribusi yang adil dan merata merupakan hal yang amat penting bagi masyarakat demi mewujudkan kedamaian, kemakmuran, dan kesejahteraan.

Tujuan dasar Islam adalah mewujudkan kebahagiaan (falah) di dunia dan diakhirat, serta untuk mewujudkan persaudaraan di antara anggota masyarakat muslim (ummah). Tujuan ini tidak dapat dicapai jika distribusi kekayaan diantara para anggota masyarakat Muslimm berlangsung tidak adil. Oleh karena itu, sistem ekonomi Islam mencoba untuk menegakkan aturan distribusi yang merata di antara anggota masyarakat Muslim dengan mengambil tindakan yang efektif.

Allah merupakan pemilik dan produsen yang sebenarnya dari kekayaan, maka bagian Allah di dalam kekayaan itu pun besar dan dominan pula. Tetapi jelas, bahwa Allah tidak membutuhkan apapun. Oleh karena itu, bagian Allah, sebagai akibat logis, harus mengalir kepada anggota masyarakat yang miskin, yang membutuhkan, yang kurang beruntung. Bagian Allah di dalam pembagian kekayaan itu terkadang dikumpulkan dalam bantuk pungutan wajib seperti zakat, warisan, waqaf, uang tebusan, infaq dan sadaqah, memberi makan orang miskin, piutang yang baik kepada Allah, dan larangan penimbunan harta.

Untuk mewujudakan distribusi kekayan uyang adil, jujur, dan merata, Islam menetapkan tindakan-tindakan yang positif.
A. Zakat
a. Pengertian Zakat
Zakat adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya.
b. Macam-macam Zakat
1) Zakat Maal (Harta)
Zakat yang wajib dikeluarkan seorang muslim yang mencakup hasil profesi (2,5 %), perniagaan, pertaniaan, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, hata temuan, emas, dan perak. 
2) Zakat Fitrah (Fitri)
Zakat yang wajib dikeluarkan muslim menjelang Idul Fitri pada bulan suci Ramadan. Besar zakat ini setara dengan 3,5 liter (2,7 kilogram) makanan pokok yang ada di daerah bersangkutan.
c. Hak Penerimaan Zakat
 “Sesungguhnya zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengeurus zakat, para mualaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang untuk jalan Allah, dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai sesuatu ketetapan yang diwajibkan Allah; dan Allah Maha Mengetahui Lagi Maha Bijaksana.” (At-Taubah: 60)


Ada delapan pihak yang berhak menerima zakat yang sudah diatur dalam Al-Quran
1) Fakir 
Fakir adalah orang yang tidak mempunyai harta dan usaha, atau mempunya usaha atau harta yang kurang dari seperdua kecukupannya, dan tidak ada orang yang berkewajiban memberikan belanjanya.
2) Miskin
Miskin adalah orang yang mempunyai harta atau usaha sebanyak seperdua kecukupannya atau lebih, tetapi tidak sempai mencukupi kehidupannya. Yang dimaksud dengan kecukupan hidup, yaitu cukup menurut umur biasa 62 tahun, maka mencukupi dalam masa tersebut dinamakan kaya dengan harta. Adapun kaya dengan usaha, seperti oarang yang mempunyai penghasilan yang tertentu tiap tiap hari atau bulan maka kecukupannya dihitung setiap hari atau setiap bulan.
3) Amil
Amil adalah semua orang yang bekerja mengurus zakat, sedang dia tidak mendapat upah selain dari zakat itu.
4) Mualaf
Mualaf adalah (a) oarang baru masuk Islam, sedang imamnya belum kuat. (b) Orang Islam yang berpengaruh dalam kaumnya yang masih kafir, dan kita berharap, kalau dia diber zakat orang lain dari kaumnya akan masuk Islam. (c) orang Islam yang berpengaruh terhadap kafir kalau dia diberi zakat, kita akan terpelihara dari kejahatan kafir yang dibawah pengaruhnya. (d) Orang yang menolak kejahatan orang yang anti zakat.
5) Hamba Sahaya
Hamba sahaya adalah hamba yang dijanjikan oleh tuannya bahwa dia boleh menebus dirinya, hamba itu diberikan zakat sekedar untuk memerdekakan dirinya.
6) Gharim
Gharim adalah (a) orang yang berhutang karena mendamaikan antara dua orang/ pihak yang berselisih. (b) orang yang berhutang untuk kepentingan dirinya sendiri pada keperluan yang mubah atau yang tidak mubah. (c) Orang yang berhutang karena menjamin hutang orang lain, sedang dia dan yang dijaminnya itu tidak dapat membayar hutang itu. Dari pembagian ini maka poin b dan c diberkan zakat kalau dia tidak kuasa membayar hutangnya, tetapi yang poin a diberi zakat, sekalipun dia kaya.
7) Fisabilillah.
Fisabilillah adalah tentara yang membantu dengan kehendaknya sendiri berperang dijalan Allah Swt, sedang dia tidak mendapat gaji dan tidak pula mendapat bagian dari harta yang disediakan untuk keperluan peperangan dalam barisan bala tentara. Orang ini diberi zakat, meskipun dia kaya, sebanyak keperluannya untuk masuk ke medan perang, seperti belanja, membeli senjata, kuda, dan alat peperangan lainnya.


8) Ibnu Sabil
Ibnu sabil adalah musafir, pegembara, orang yang sedang berpergia untuk ibadah.
9) Pendistribusian Zakat
Zakat adalah batu penjuru bagi struktur finansial negara Islam. Zakat tidak hanya memberi dana yang diperlukan oleh negara Islam bagi kegiatan kesejahteraannya di sektor seperti pendidikan, kesehatan, dan jasa-jasa sosial, melainkan juga memungkinkannya memenuhi semua kewajibannya dalam hubungannya dengan warga. Jadi, zakat merupakan ibadah yang berperan dan berdampak dalam ekonomi, yakni berperan sebagai istrument distribusi kekayaan diantara manusia.

B. Warisan 
a. Pengertian Warisan 
Berpindahnya sesuatu dari seseorang kepada orang lain, atau dari suatu kaum kepada kaum lain. 

b. Hukum Waris
“Bagi orang laki-laki ad hak bagian dari harta peninggalanibu-bapak dan kerabatnya, dan bagi orang wanita ada hak bagian (pula) dari harta peninggalan ibu-bapak dan kerabatnya, baik sedikit atau banyak  menurut bagian yang telah ditetapkan. Dan apabila sewaktu pembagian itu hadir kerabat, anak yatim dan orang miskin, maka berilah mereka dari harta itu (sekedarnya) dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang baik. (QS. An-Nisaa’: 7-8)

Hukum waris merupakan suatu aturan yang sangat penting dalam mengurangi ketidakadilan distribusi kekayaan. Hukum waris merupakan alat penimbang yang sangat kuat dan efektif untuk mencegah pengumpulan kekayaan dikalangan tertentu dan pengembangannya dalam kelompok-kelompok besar di masyarakat.

Tokoh-tokoh ekonomi seperti Keynes, Taussing, dan Irfing Fisher menyetujui bahwa pembagian warisan yang tidak merata merupakan penyebab utama dari ketidakadilan masyarakat, menurut Taussing, warisan mempunyai dampak yang sangat besar dalam masyarakat.
Menurut hukum waris Islam, harta milik orang lain yang telah meninggal dibagi pada keluarga terdekat, yaitu anak laki-laki/ perempuan, saudara, ibu/ bapak, suami/ istri, dan lain-lain. Jika seseorang tidak mempunyai keluarga dekat sama sekali, maka harta bendanya diambil alih oleh Negara. Dengan demikian warisan bertujuan untuk menyebarluaskan pembagian kekayaan dan mencegah penimbunan harta dalam bentuk apapun.

C. Infaq dan Sedekah
a. Pengertian Infaq dan Sedekah
Infaq adalah mengeluarkan sebagian dari harta atau pendapatan untuk satu kepentingan atau pendapatan untuk satu kepentingan yang diperintahkan ajaran islam. Infaq dikeluarkan oleh setiap orang yang beriman, baik yang berpenghasilan tinggi maupun rendah. Infaq dapat diberikan kepada siapa saja, misal kedua orang tua, anak yatim, dan lain sebagainya.

Sedaqah adalah pemberian seorang muslim kepada orang lain secara sukarela dan iklas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedakah lebih luas dari sekedar zakat maupun infaq, karena sedakah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta, namun sedekah mencakup segala amal atau perbuatan baik.

b. Pendistribusian Infaq dan Sedekah
Sedekah sukarela yang dilakukan untuk mencapai ridha Allah di dunia dan akhirat, yang juga membantu mengalirkan paha kekayaan dari si kaya di dalam masyarakat kepada kaum miskin dan mereka yang memerlukan. Demikianlah tujuan keadilan distributif dan sosial dicapai melalui sedekah sukarela.

D. Waqaf
a. Pengertian Waqaf
Secara harfiyah berarti berhenti, menahan, atau diam. Waqaf menurut hukum Islam dapat juga berarti menyerahkan suatu hak milik yang tahan lama zatnya kepada seorang atau nadzir (penjaga waqaf) baik berupa badan pengelola dengan ketentuan bahwa hasil atau manfaatnya digunakan untuk hal-hal yang sesuai dengan syariat Islam. 
b. Pendistribusian Waqaf
Besarnya potensi jumlah hart waqaf di indonesia memberikan harapan bagi pembenahan ekonomi umat. Sebab kekayaan tersebut dapat dijadikan modal pembangunan sosial ekonomi masyarakat dalam mencapai titik equalibrium (keseimbangan) ekonomi dalam mencapai tingkat kesejahteraan umat. Konteks waqaf hanya sebagai aktifitas ibadah ilahiah perlu direvisi kembali dengan melihat esesnsi dari potensi yang dimiliki harta waqaf dalam peningkatan kesejahteraan umat. Pemanfaatan harta waqaf dalam peningkatan kesejahteraan umat tidak telepas dari proses pembangunan secara menyeluruh.
Dalam konteks pemangunan ekonomi (economic development), harta waqaf dapat menjadi salah satu sumber pembiayaan pada sektor publik, seperti pendidikan, kesehatan, jalan, air  bersih, penerangan, jembatan, modal usaha, dan lainnya yang bermanfaat dan dirasakan seluruh masyarakat.

E. Uang Tebusan
a. Pengertian Uang Tebusan
Uang tebusan ditetapkan oleh Al-Quran untuk beberapa jenis dosa tertentu. Orang yang melakukan dosa, pelanggaran, atau kelalaian tertentu, sengaja maupun tidak senga , diperintahkan oleh Al- Quran untuk memunaikan sedekah yang telah ditetapkan untuk menebus dosa tersebut.
b. Pendistribusian Uang Tebusan
Beberapa jenis tebusan, seperti tebusan bagi tentara Islam yang tertawan oleh musuh dan tebusan bagi suami-istri yang melakukan hungan sekssual disiang hari ketika bulan Ramadhan, ketika mereka sedang berpuasa. Semua tebusan moneter tersebut juga merupakan sebuah saluran bagi aliran kekayaan dari sikaya kepada si miskin.

F. Memberi makan kaum miskin
Benarkah tersedianya beras yang cukup atau berlimpah bisa menjamin setiap orang dapat memperolehnya? Jumlah persediaan berlimpah ternyata bukan jaminan, itulah jawabannya. Kasus busung lapar yang mencuat dua tahun silam bisa menjadi salah satu contohnya. Sebagaimana disitir Munkes Siti Fadilah Supari, ada sekitar 1,67 juta anak balita Indonesia yang menderita gizi buruk. Banyaknya kasus busung lapar jelas bukan disebabkan minimnya jumlah perseKdiaan pangan. Buktinya, pada saat yang sama banyak orang mengalami obesitas, karena kelebihan lemak dan kalori.di NTB ada sekitar 49.000 anak balita yang menderita busung lapar bukan disebabkan oleh minimnya jumlah persediaan pangan, namun karena buruknya distribusi.
Beberapa fakta diatas menunjukkan, problematika utama dalam ekonomi sesungguhnya adalah masalah distribusi kekayaan. Melimpahnya jumlah alat pemuas kebutuhan dalam sebuah negara tidak serta merta bisa membuat semua orang tercukupi. Kemiskinan akan tetap terjadi jika sebagian besar kekayaan itu dikuasai segelintir orang. Padahal kebutuhan primer manusia harus dipenuhi tiap-tiap orang. Karena itu,diperlukan sebuah sistem ekonomi yang mengatur distribusi kekayaan hingga kebutuhan tiap-tiap orang dapat terpenuhi.
Sistem ekonomi yang bisa diharapkan mengatasi problem ekonmi hanyalah sistem ekonomi Islam. Islam memang tidak mengharuskan persamaan dalam kepemilikkan kekayaan, namun Islam juga tidak membiarkan buruknya distribusi kekayaan.sebab, Islam memandang individu sebagai manusia yang harus memenuhi kebutuhan-kebutuhan primerna secara menyeluruh.
Hal ini menunjukkan salah satu tindakan kebajikan yang merupakan satu sendi ekonomi Islam, yakni bertakwa kepada Allah, menebar kedamaian, memberi makan, memberi pakaian, dan diberikan kepada anak yatim. Rasulullah bersabda “Sedekah terbaik adalah mengenyangkan perut yang lapar.” (Baihaqi)
Dari hadist tersebut memberi informasi kepada kita bahwa, sedekah terbaik, yakni memberi makan orang yang lapar.
G. Piutang yang baik kepada Allah
a. Pengertin Piutang yang baik kepada Allah
Yang dimaksud piutang kepada Allah adalah setiap pengeluaran yang dilakukan oleh seorang di jalan-Nya untuk sedekah meupunn infaq dianggap oleh-Nya sebagai hutang-Nya dan Dia akan membayarnya kembali dengan berlipat ganda. 
“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya dijalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda ang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu kembali. (QS. Al-Baqarah: 245)
b. Pendistribusian Piutang yang baik 
Allah dalam karunia-Nya  mencatat harta yang dibelanjakan di jalan-Nya sebagai pinjaman diri-Nya sendiri. Dia berjanji bahwa Dia tidak hanya akan mengembalikan utang itu saja melainkan akan menambahnya dengan berlipat ganda, asal saja piutang itu adalah piutang yang baik dalam arti sebenarnya dan dipinjamkan melalui ridha-Nya. Jadi, kegiatan piutang yang baik kepada Allah mampu meratakan distribusi kekayaan manusia yang seutuhnya.

H. Penimbunan Harta dalam Islam 
penimbunan harta dalam Islam melarang penimbunan atau hal-hal yang menghambat pendistribusian barang sampai ke konsumen. Menimbun adalah membeli barang dalam jumlah yang banyak kemudian menyimpannya dengan maksud untuk menjualnya dengan harga tinggi, penimbunan dilarang dalam Islam. Hal ini, karena harta tidak hanya beredar dikalangan orang-orang tertentu. 
Para ulama Fiqih berpendapat bahwa penimbunan diharamkan apabila :
1) Barang yang ditimbun melebihi kebutuhannya.
2) Barang yang ditimbun dalam usaha menunggu saat naiknya harga, misalnya emas dan perak.
Inti dari larangan menimbunan harta adalah karena kegiatan menimbun harta itu menghalangi dan membantu beredarnya harta di masyarakat, dan menjadikan harta itu terkonsentrasi ditangan sedikit orang. Itu sama artinya dengan menjadikan distribusi kekayaan tidak merata. Akibatnya menyengsarakan hidup orang banyak. Oleh karena itulah hukuman yang diancam kepada penimbun harta itu amat pedih, seperti yang tertera pada Al-Quran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar