Rabu, 04 Mei 2016

My adventure ( sri getuk-gunungkidul )

My adventure ( sri getuk-gunungkidul )

hallo guys bila sebelumnya saya telah memposting adventure ke sikunir-dieng-wonosobo, maka sekrang saya akan memposting pengalaman yang tidak kalah seru, bila dieng trekenal dengan sunset dan pegunungannya maka sri getuk tempat wisata yang terkenal dengan air terjunnya yang terletak di antara ngarai Sungai Oya yang dikelilingi areal persawahan nan hijau, Air Terjun Sri Gethuk selalu mengalir tanpa mengenal musim. Gemuruhnya menjadi pemecah keheningan di bumi Gunungkidul yang terkenal kering.

oh iya guys sri getuk terletak di Desa Wisata Bleberan. Untuk mencapai tempat ini saya dan teman-teman harus naik kendaraan melewati areal hutan kayu putih milik PERHUTANI dengan kondisi jalan yang bervariasi mulai dari aspal bagus hingga jalan makadam. Memasuki Dusun Menggoran, tanaman kayu putih berganti dengan ladang jati yang rapat. Sesampainya di areal pemancingan yang juga berfungsi sebagai tempat parkir, terdapat dua pilihan jalan untuk mencapai air terjun. Pilihan pertama yakni menyusuri jalan setapak dengan pemandangan sawah nan hijau berhiaskan nyiur kelapa, sedangkan pilihan kedua adalah naik melawan arus Sungai Oya. Tentu saja YogYES memilih untuk naik rakit sederhana yang terbuat dari drum bekas dan papan.

Perjalanan menuju Air Terjun Sri Gethuk pun dimulai saat mentari belum naik tinggi. Pagi itu saya dan teman-teman mendapati sungai Oya terlihat begitu hijau dan tenang, menyatu dengan keheningan tebing-tebing karst yang berdiri dengan gagah di kanan kiri sungai. Suara rakit yang melaju melawan arus sungai menyibak keheningan pagi. Sembari mengatur laju rakit, seorang pemandu menceritakan asal muasal nama Air Terjun Sri Gethuk. Berdasarkan cerita yang dipercayai masyarakat, air terjun tersebut merupakan tempat penyimpanan kethuk yang merupakan salah satu instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro. Oleh karena itu disebut dengan nama Air Terjun Sri Gethuk. Konon, pada saat-saat tertentu masyarakat Dukuh Menggoran masih sering mendengar suara gamelan mengalun dari arah air terjun.

den ketika saya dan teman-teman tiba di air terjun tersebut, tampa menunggu lama lagi kami langsung menyeburkan diri dibawah air jatuh dan dilanjutkan melompat dari atas tebing....
its amazing bro.......oh iya tentunya kami harus mengambil gambar sebanyak banyaknya.....






oleh : muh zul hazmi r
KammbKa Jogja



Tidak ada komentar:

Posting Komentar